Sunday, June 15, 2014

[Book Review] Wonder by R.J. Palacio

credit : thesuburbanmom
Title : Wonder
Writer : R.J. Palacio
Publisher : Alfred A. Knopf, a division of Random House Inc.
Format : Paperback, 315 pages
Publishing date : February, 14th 2012
Language : English
Read on August, 5th 2013
My rating : 4 of 5
August (Auggie) Pullman was born with a facial deformity that prevented him from going to a mainstream school—until now. He's about to start 5th grade at Beecher Prep, and if you've ever been the new kid then you know how hard that can be. The thing is Auggie's just an ordinary kid, with an extraordinary face. But can he convince his new classmates that he's just like them, despite appearances? R. J. Palacio has written a spare, warm, uplifting story that will have readers laughing one minute and wiping away tears the next. With wonderfully realistic family interactions (flawed, but loving), lively school scenes, and short chapters, Wonder is accessible to readers of all levels.

Saya lagi pengen banget sharing cerita dari buku satu ini. Baca sinopsisnya aja pasti udah bikin penasaran kan? Begitu pun saya. Hati saya pasti terenyuh kalau baca buku-buku dengan tema penyakit-penyakit yang tidak biasa, apalagi tema penyakit yang diangkat disini sangat berhubungan dengan physical appearance yang artinya pastilah sangat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Belum lagi tokoh utama dibuku ini adalah anak kelas 5 SD berusia 10 tahun. Wah...wah...saya ngga bisa bayangkan bagaimana menariknya buku ini!

credit: blogher.com
Singkatnya buku ini menceritakan bagaimana pengalaman Auggie menjalani hari-harinya di sekolah umum, karena sejak kelas 1 SD Auggie menjalani homeschooling lantaran memiliki kelainan fisik di wajahnya, keluarganya takut kelainan itu akan membuat teman-temannya takut. Namun, setelah Auggie menginjak kelas 5 SD orang tuanya menawarkan ke Auggie untuk memberikan diri masuk ke sekolah biasa, agar Auggie dapat percaya diri. Tentunya selama bersekolah disekolah umum, banyak suka dan duka yang di alami Auggie, yang pasti penolakan dari teman-teman dilingkungan sekolahnya, namun tidak sedikit juga yang mau berteman dan melindungi Auggie. Dari berbagai penolakan yang diterima Auggie disekolah barunya, ada satu anak yang sangat membenci Auggie yang bisa dikatakan menjadi poin utama dalam cerita ini. Cerita dikisahkan tidak hanya dari sudut pandang Auggie, tetapi juga dari sudut pandang dari kakak Auggie, Via dan sahabat-sahabat terdekat Auggie.
"Why do I have to be so ugly, Mommy?" I whispered.
"No, baby, you're not ..."
"I know I am."
She kissed me all over my face. She kissed my eyes that came down too far. She kissed my cheeks that looked punched in. She kissed my tortoise mouth. She said soft words that i know were meant to help me, but words can't change my face.
- Ebook wonder pg.64 -
Tentu saja banyak pelajaran yang bisa di ambil dari buku cerita yang ditujukan untuk anak-anak ini, terlebih bahwa sekarang, kebanyakan orang hanya melihat seseorang dari penampilan fisik semata padahal sesuatu yang baik baik itu adalah ketika kita dapat mengenal mereka karena sifat dan sikapnya bukan karena fisiknya. Dari kisah cerita anak-anak inilah bagaimana nurani manusia dipertanyakan dan bagaimana orang tua dapat berpengaruh besar dalam mendidik anak-anak mereka.
credit: alphamom
Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk pembaca semua, oh ya...versi terjemahan bahasa indonesianya sendiri sudah diterbitkan oleh penerbit Atria :)
Saat membaca buku ini, hanya satu lagu yang langsung terpikir dibenak saya dan sangat cocok disandingkan dengan buku ini, yaitu lagu Beautiful by Christina Aguilera.
Happy reading fellas!



No comments:

Post a Comment

Free Speech is Human Right! Speak up! Voice your opinion below. XO