Saturday, September 12, 2015

[Book Review] Kisah - Kisah Kucing By James Herriot


Writer : James Herriot
Translator : Jia Effendie
Publisher : Gramedia Pustaka Utama
Format : Paperback, 216 pages
Publishing date : March 2012 by GPU (1st Published 1994)
Language : Indonesia
Genre : Nonfiction, Memoir
Source : Bought from friend
Read on September, 3rd 2015
My rating : 5 of 5

Kumpulan kisah tentang kucing dan para pemiliknya, dari dokter hewan dan pencerita paling disayangi di dunia––James Herriot. Ada cerita tentang Buster, anak kucing yang datang pada Hari Natal; Alfred, kucing pemilik toko gula-gula; Emily yang tinggal bersama tuannya yang pengelana; serta Olly dan Ginny, sepasang anak kucing yang muncul di rumah keluarga Herriot untuk meminta makanan. James Herriot menuturkan setiap kisah dengan penuh kehangatan dan kasih sayang yang menjadi ciri khasnya.

Kucing...tidak perlu dijelaskan lagi betapa cintanya saya dengan makhluk tuhan satu ini, wajahnya yang imut dan kelakuannya yang ngegemesin membuat saya suka sama kucing. Di keluarga saya pun semua rata-rata pecinta kucing, tante saya melihara 11 ekor kucing dirumahnya, adik saya apalagi...pecinta kucing sejati, yang rela merantau ke bagian barat Indonesia untuk mengejar cita-citanya jadi dokter hewan. Di rumah kami pun selalu ada kucing di setiap waktunya. Karena kecintaan akan kucing itulah membuat saya juga turut membaca buku-buku tentang kucing, dan buku karya Herriot ini meyakinkan saya bahwa benar...kucing itu bukan hewan egois, mereka hewan lembut dan penyayang.
"Aku sering berpikir tentang banyaknya hal ganjil yang orang-orang pikirkan tentang kucing. Kucing adalah makhluk egois yang menggunakan kasih sayagnya hanya untuk keadaan yang menguntungkan mereka, dan mereka tidak mampu merasakan cinta murni seperti anjing. Kucing adalah makhluk yang sangat memikirkan dirinya sendiri. Omong Kosong! Aku pernah merasakan bagaimana kucing-kucing itu menggosokkan wajahnya diwajahku dan menyentuh pipiku dengan cakar yang dengan hati-hati disembunyikan. Buatku, hal-hal seperti ini adalah ekspresi cinta." Hal 13
Buku ini berisi tentang 10 cerita pendek mengenai kucing yang semuanya diangkat dari kisah nyata akan kucing-kucing yang berkesan bagi sipenulis. Setiap cerita tersebut, mempunyai tokoh utama kucing yang berbeda-beda, yang kadang membuat saya tertawa, tersenyum, dan terharu ketika membaca setiap kisah yang disajikan. Beberapa kisah yang sangat berkesan bagi saya adalah sebagai berikut: 
Alfred, Si Kucing Toko Permen
Ketika membaca kisah ini, satu hal membuat saya makin percaya akan teori tentang kucing yang saya yakini sedari dulu, bahwa "Kucing adalah hewan yang mempunyai kecenderungan mengikuti perangai majikannya." Yap Alfred disini adalah kucing yang setia, yang selalu ada disamping majikannya setiap kali berjualan di Toko Permen. ketika membaca tentang Alfred ini, yang terlintas dipikiran saya adalah Maneki Neko, itu lho patung kucing pembawa rejeki.hihihi...

Oscar, Si Kucing Sosialita
Kucing memang bisa dibilang hewan yang egois, susah diajarin dan ngga mau nurut, kadang keegoisannya ini lah yang membuat tingkahnya makin lucu dan bikin manusia geleng geleng kepala, di cerita kedua ini di kisahkan bahwa si Oscar ini setiap malam selalu pergi ke acara perjamuan. Seketika saya langsung teringat tentang Bubba The Cat, yang dapat kartu tanda pelajar gara-gara rajin datang ke sekolah.

Frisk, Kucing dengan Banyak Nyawa
Mitos yang mengatakan tentang Kucing mempunyai 9 nyawa mungkin benar adanya ketika saya membaca tentang si Frisk ini, jangan berpikir bahwa Frisk nyaris kehilangan nyawanya gara-gara ditabrak, bukan...bukan karena kejadian semacam itu, tetapi karena keteledoran sang pemiliknya, si Frisk ini berkali-kali ikut memakan obat milik majikannya tanpa sengaja yang membuat si kucing malang ini paralyzed beberapa kali, untungnya si dokter hewan Herriot cepat menyadari kejanggalan tersebut dan nyawa Frisk pun terselamatkan.

Buster, Si Kucing Penangkap
Cerita yang satu ini adalah penutup kisah-kisah kucing, sekaligus cerita yang paling mengharukan, si Buster ini mungkin tidak akan terselamatkan kalau tidak karena inisiatif induknya, yang pada malam natal bersalju datang kerumah Mrs. Ainsworth, induknya yang rela mengorbankan nyawanya demi keselamatan anaknya membuat saya terharu, dan lihatlah...kucing yang terselamatkan itu tumbuh menjadi kucing yang sehat, supel, selalu bersemangat, bersahabat baik dengan anjing peliharaan Mrs. Ainsworth dan bertingkahpun layaknya anjing, jadilah ia dijuluki si Kucing Penangkap karena hobinya bermain bola lempar.


CAT HATERS, read this book and see, maybe you will like cat...
-About My Cat-
Ini kucing kami yang dulu, namanya Sui Yobi, karena dia ditemukan dihari rabu,
 ke4 tangan dan kakinya terkihat sepeti memakai kaus kaki, si kucing genit,
yang jadi primadona di kompleks karena perawakannya yang besar dan tinggi.
Tipikal kucing yang bakal sering hamil kalau nggak rajin di suntik KB.
Namanya Baron (diambil dari nama karakter di anime karya Studio Ghibli),
kucing Indo keturunan Persia dan Kampung, ketika poto ini diambil umurnya masih 5 bulan,
kucingnya nurut banget, hobinya tidur di lantai kamar mandi (biar dingin katanya), sekarang
 umur Baron udah setahun lebih, gantengnya minta ampun, badannya tinggi dan bulunya agak tebal,
masalahnya cuma 1, kalau udah keluar rumah biasanya pulang dengan badan kotor penuh lumpur,
yap...suka banget jatuh ke got, kami menduga dia punya masalah dengan matanya.

Selain kedua kucing itu ada juga Molly, si Kucing Persia betina yang meninggal karena perdarahan saat persalinan, terus ada juga Perry dan Patootie anaknya Sui yang sekarang juga sudah beranak cucu dan di adopsi oleh orang lain yang juga pecinta kucing.
So, do you have cat?

2 comments:

  1. Hallo Anggun,
    Salam kenal... saya punya buku ini dan sukaaaa banget... ahhh cats are so lovely things yah.. btw kamu punya rekomendasi buku fiksi (baru terbit) yang bagus ngga.. atau buku2 lama.. udah lama gak baca buku bagus nih :)

    Thanks for sharing anyway

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, salam kenal :)
      Iyaaaa...saya juga suka banget buku-buku tentang hewan, apalagi kucing.
      Hmmm...rekomendasi buku sih buanyaaak, tapi saya gak tau kamu suka nya genre apa, tapi fiksi secara umum saya nyaranin coba baca Between Shades of Grey - Ruta Sapetys atau Wonder - R. J Palacio deh, terjemahannya juga sudah ada di toko buku.

      Terima kasih sudah mampir,
      Salam baca!

      Delete

Free Speech is Human Right! Speak up! Voice your opinion below. XO