Thursday, June 16, 2016

[App Review] Litsy: Sosmed teruntuk Kaum Pecinta Buku

credit : litsy.com
Kamu mengaku bibliophile? coba sebutkan sebanyak-banyaknya apa saja book themed-social network yang kamu tahu? Goodreads, goodreads, dan goodreads. 
Yap, sejauh ini social network yang paling digandrungi kaum bibliophile adalah Goodreads, meskipun sebenarnya ada banyak situs sejenis, seperti The Reading Room, Shelfari (udah R.I.P), BookLikes, e.t.c. Namun, yang paling nyaman digunakan, dan tersedia versi desktop maupun smartphone sejauh yang saya tahu hanya Goodreads saja.
Nah, kabar gembira!
Baru-baru ini baru saja diluncurkan aplikasi social networking yang mefokuskan diri bagi pecinta buku, dan itu adalah Litsy.

Apa sih Litsy itu?
Litsy is a place to share and discover your favorite books with your favorite people. The Litsy community is a groundswell of passionate readers, authors, celebrities, and more. Share bookish moments with Quotes, Reviews, and Blurbs. Measure Litfluence to discover your “bookprint” in the world. Explore recommendations from readers, not algorithms. Oh yeah, want to organize your reading list? Our app has stacks for that, too. It’s fun.  It’s simple.  It’s all about the book. Sign up and get a little Litsy.
Bahkan bookriot menyebutkan Litsy ini sebagai "if Instagram and goodreads had a perfect baby"
Well, that's true!
Layaknya instagram, Listy ini hanya bisa digunakan di smartphone saja, dan sangat menonjolkan aspek visual. Namun, dari konten sepenuhnya seperti goodreads, kamu bisa me-review, merekomendasikan, atau bahkan tracking buku bacaanmu.
Sayangnya, untuk saat ini Litsy hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS saja, untuk android user sabar ya, karena foundernya akan mempertimbangkan untuk mengembangkan versi androidnya. :)
Yuk, mari kita bahas aplikasinya
Litsy bisa dengan mudah kamu unduh di AppStore, ukuran filenya hanya 24.4 MB, terbilang kecil ketimbang social network app sejenis dan kompatibel pada iPhone, iPad, & iPod touch dengan syarat iOS 8.2 or later.
Halaman awal setelah di unduh
Seperti app lainnya, ada banyak cara untuk dapat tergabung dengan Litsy, bisa log in dengan fb atau membuat akun sendiri, pilih sesukamu
Suggested user
Karena pengguna Litsy masih sangat-sangat sedikit, setelah kamu terdaftar sebagai user, maka Litsy akan merekomendasikan akun-akun untuk di follow, kalau saya lihat sih, banyak penulis, book store, bibliophile community, bahkan juga ada publisher seperti Penguin. 
Home interface Litsy
ada buku menarik di timeline?tambahkan ke rak bacaanmu
Pada tab Home, berisi akun-akun yang kamu follow, mirip instagram yaaa. Di sini kamu bisa berinteraksi dengan user lainnya dengan cara me-loved, memberi komentar, share, atau menambahkan buku yang dipamerkan ke rak bacaanmu. 
search book or add friend
Pada tab Search ini, kamu bisa mencari buku yang ingin kamu liat rekomendasinya dari para pengguna Litsy. kotak pencaharian bisa bekerja berdasarkan judul, nama pengarang, nomor ISBN, dan keyword. Menurut saya, buku yang tersedia tidak selengkap goodreads, yah kurang lebih seperti di Path, tapi masih lebih banyak di Litsy ini sih. Apalagi untuk buku pengarang lokal, masih sedikit yang available di Litsy.
book profile
Jika kamu sudah menemukan buku yang kamu cari, kamu bisa langsung melihat book profile, disini kamu bisa melihat sinopsis singkat, dan seluruh postingan dari para pengguna Litsy terhadap buku yang dimaksud. Angka 100% menunjukkan rating rata-rata dari seluruh pengguna Litsy. Dari sini kamu bisa memutuskan untuk menambahkan ke rak bacaanmu, atau sekedar melihat review/feedback dari para reader.
add your reading progress!
Selanjutnya kita ke tab yang paling tengah (tanda +), disini kamu bisa menambahkan progress bacaanmu, bisa berupa quote, blurb, ataupun review. Ketika menambahkan foto, ada banyak filter yang tersedia (lagi-lagi mirip instagram), selain itu juga ada pilihan untuk mencoret-coret poto, jika ingin menonjolkan quote dalam buku.
rate book, add image, and tag your friend
edit poto mu
bikin meme, dan highlight quote favoritmu
Selanjutnya tab My Profile, di sini kamu bisa melihat aktivitas akunmu sendiri. Buku yang sedang dibaca, rak buku yang sudah dibaca, rak to-be-read, jumlah followers, dan litfluence.
Nah, yang menarik di Litsy adalah litfluence. Litfluence itu mungkin singkatan dari Literature Influence (sotoy mode:on), yang merupakan tolak ukur seberapa banyak peran kita dalam menyebarkan virus membaca. Hehehe
Ketika pertama membuat akun, kita sudah diberi skor 42 point.
My Litfluence
Skor litfluence sendiri merupakan gabungan dari jumlah buku dan halaman yang telah kamu baca, jumlah like, dan komen.
Yang suka posting poto-poto buku di instagram, yuk unduh aplikasi ini. Gak hanya pamer buku, disini kamu juga bisa mereview dan merekomendasikan ke orang lain, sekaligus tracking bacaanmu!

Ohiya, siapa pun yang sudah menggunakan aplikasi ini, jangan lupa add saya ya (anggunpw), mari saling merekomendasikan buku bagus!
happy reading, fellas!

1 comment:

Free Speech is Human Right! Speak up! Voice your opinion below. XO