Monday, January 18, 2016

[Book Review] Hidroponik Wick System - Tintondp

Writer : Tintondp
Publisher : Agromedia
Format : Paperback, 76 pages
Publishing date : 2015
Language : Bahasa Indonesia
Genre : Non Fiction, Agriculture
Source : freebie from publisher (@bukuagromedia)
Read on Januari, 11th 2016
My rating : 4 of 5
Buy a hard copy at Agromedia (ID) or digital copy at Google Play (INT)
Keinginan untuk berkebun sayuran sendiri di sekitar rumah membuat tren menanam secara hidroponik semakin meningkat. Selain bisa menyiasati keterbatasan lahan dan kesibukan sehari-hari, bertanam hidroponik juga sering diklaim “bebas kotor” karena tanaman tidak langsung menyentuh tanah. Apalagi, sayuran yang ditanam menggunakan metode hidroponik biasanya lebih cepat panen dibandingkan dengan sayuran yang ditanam dengan metode konvensional.

Wick system merupakan salah satu jenis sistem hidroponik yang paling mudah diterapkan, bahkan bagi hobiis pemula yang baru mulai menekuni dunia hidroponik. Kepraktisan dan kemudahan sistem ini menjadi pilihan tepat bagi hobiis yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman dan memiliki keterbatasan lahan di rumah.


Buku ini membahas berbagai keunggulan wick system dan cara merakitnya. Dilengkapi pula dengan pembahasan berbagai jenis tanaman yang dapat ditanam dalam wick system, cara merawat, memanen, hingga solusi berbagai permasalahan yang mungkin ditemui selama bertanam hidroponik.
Memaparkan from A to Z tentang bertanam hidroponik dengan metode Wick System. Mulai dari cara merakit alat untuk keperluan Wick System, informasi mengenai tanaman apa saja yang dapat ditanam dengan metode ini, cara pemeliharaan, memahami hama dan penyakit tanaman, hingga cara dan waktu panen dengan metode ini.

Seperti namanya "Wick" yang berarti sumbu, cara bercocok tanam ini pun memanfaatkan daya kapilaritas air untuk menumbuhkan tanaman. 
credit here, editted by me.
Menurut sejarahnya, metode Wick ini adalah metode paling tua sekaligus paling mudah untuk bertanam secara hidroponik. Oleh karena itu, metode ini sangat populer dikalangan pemula atau hobiis.

Sebagai pemula yang ingin ikut-ikutan untuk bertanam secara hidroponik, metode Wick benar-benar sangat mudah untuk di aplikasikan, jika kamu adalah salah satu orang yang ingin bercocok tanam namun mengeluhkan, lahan sempit, tidak mau terlalu repot menyiapkan alat dan bahan, dan biaya yang sangat terjangkau, nah metode ini adalah metode yang paling tepat, meskipun terdapat beberapa kekurangan dari metode ini. Seperti hasil panen yang relatif sedikit, ataupun terbatasnya jenis tanaman yang dapat ditanami. Tapi sebagai pemula, rasanya kekurangan itu tidak berarti. Karena berapa helai pun hasil panen kita pasti itu sangat berharga, mengingat itu adalah hasil jerih payah kita.

Buku ini tidak terlalu tebal, tidak ada teori yang bertele-tele, semuanya sudah dipaparkan sangat jelas dalam bentuk langkah demi langkah cara bertanam, cocok sebagai panduan untuk pemula.
dok. pribadi
Saya punya pengalaman menarik tentang Hodroponik Wick System, beberapa tahun lalu ketika saya mendapatkan kesempatan menuntut ilmu sebentar di negeri sakura, saya bersama teman-teman sempat ditawarkan untuk mengunjungi "Rumah Kaca" Universitas tersebut, rupanya mereka mau memperkenalkan bahwa Universitas mereka tengah bekerja sama dengan petani setempat untuk menghasilkan buah-buahan dan sayur-sayuran terbaik se-Jepang. Ketika berkeliling dan sampailah kami ke ruangan besar tempat budidaya tanaman hidroponik sekaligus laboratorium mereka, disitu saya pertama kali mengetahui tentang Wick System ini, saya yang waktu itu yang gak ngerti apa-apa soal hidroponik dan hanya mengangguk - angguk antusias ketika dijelaskan, terperangah melihat metode Wick yang sangat sederhana, hanya dengan sebuah gabus, kita bisa menumbuhkan tanaman. Waw, bahkan profesor disana sempat mengatakan bahwa Wick Method ini bisa dipelesetin jadi 'Wicked' method, atau cara 'ngakalin' paling gampang buat nanem tanaman.hehehe. Meskipun dari situ saya penasaran tentang metode ini, akhirnya saya punya juga kesempatan untuk membaca secara lengkap, step by step tentang metode ini melalui buku ini. Semoga, saya bisa segera mengaplikasikannya deh.hihihi.
dok. pribadi
dok. pribadi
Lucunya lagi, sepertinya buku tentang tanaman sangat menarik minat orang banyak, apalagi utnuk orang-orang yang tinggal di wilayah padat penduduk seperti Jabodetabek ini, ketika buku persembahan agromedia ini sampai ke kantor saya, buku ini malah sudah dibaca duluan sama staff saya, dan bahkan langsung mengajak diskusi.hahaha, amboy!! Saya pun baru mau memulai bercocok tanam dengan metode ini.hihihi

Para pemula didunia tanam menanam hidroponik, khususnya yang hidup di kota besar dengan lahan yang terbatas dan ingin menanam dengan cara termudah wajib mendalami metode Wick melalui buku ini.


Mari bertanam!!

No comments:

Post a Comment

Free Speech is Human Right! Speak up! Voice your opinion below. XO